Rabu, 3 Mei 2025 20:04 WIB
Pekanbaru (03/05/2025) - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau (BEM FEB UNRI) menggelar Forum Diskusi Akademik dan Prestasi Mahasiswa pada Rabu, 30 April 2025 di Sekretariat BEM FEB UNRI. Forum ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh perwakilan dari 10 lembaga mahasiswa di lingkungan FEB UNRI.
Forum ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan evaluasi terkait kegiatan akademik dan prestasi mahasiswa, sekaligus mempererat kolaborasi antar lembaga demi peningkatan kualitas mahasiswa FEB UNRI dalam bidang akademik dan kompetitif.
Diskusi berjalan dinamis, membahas berbagai program dan kendala yang dihadapi tiap lembaga. Beberapa poin penting yang dibahas antara lain:
Pendataan Prestasi Mahasiswa: BEM FEB akan menyediakan Google Form untuk pendataan prestasi agar prosesnya lebih terstruktur dan terdokumentasi.
Program Kelas Akademik dan Lomba: Sejumlah lembaga seperti KASEI dan Manajemen telah melaksanakan kelas akademik sebagai persiapan lomba. LPii menonjol dengan program mentoring lomba, pelatihan essay dan Business Plan Competition (BPC), serta dukungan mentor untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). LPii juga mewajibkan setiap anggotanya mengikuti minimal satu lomba per periode.
Tantangan Partisipasi: Beberapa himpunan mahasiswa seperti HIMA-AK dan Manajemen menghadapi tantangan dalam mengajak anggota untuk aktif mengikuti lomba, terutama kelas-kelas akademik yang berbasis kompetisi. Namun, kegiatan seperti workshop lebih diminati.
Dukungan Dana dan Mentor: LPii menyediakan dana untuk lomba, dengan syarat dan mekanisme tertentu. Mereka juga menyediakan mentor sebagai fasilitator lomba dan PKM.
Forum ini menjadi langkah konkret awal bagi sinergi lembaga mahasiswa dalam membangun ekosistem akademik yang lebih baik. Dengan rencana tindak lanjut seperti optimalisasi kelas PKM dan pendataan prestasi, diharapkan mahasiswa FEB UNRI semakin aktif dan unggul dalam berbagai ajang akademik dan non-akademik.
Penulis: Hasna Khonsa | Editor: Hasna Khonsa